Rabu, 20 Mei 2015

Koleksi 76 Trofi Barcelona Lampaui 75 Gelar Real Madrid

Koleksi 76 Trofi Barcelona Lampaui 75 Gelar Real Madrid


Keberhasilan mengalahkan FC Porto 2-0 pada Piala Super Eropa di Stade Louis II Monaco,dini hari kemarin,semakin menancapkan superioritas Barcelona.


Suka atau tidak, El Azulgrana saat ini menjadi tim nomor satu di Spanyol.Raksasa Katalan itu menjelma menjadi tim Negeri Matador pengoleksi trofi terbanyak. Hingga kini lemari kaca Blaugrana telah tersimpan total 76 trofi pada semua kompetisi resmi yang diikuti selama 111 tahun berdiri sebagai klub sepak bola. 

Jumlah tersebut cukup melewati torehan sang musuh abadi Real Madrid.Saat ini, di Santiago Bernabeu,Los Blancos baru sanggup menyimpan 75 trofi.Artinya, mereka tertinggal satu trofi dari Barcelona. 

“Saya sangat gembira Barcelona bisa meraih banyak gelar.Sebagai salah satu pemainnya,saya sangat merasakan kebahagiaan itu.Kami membuat sejarah bersama-sama.Kami akan berusaha meneruskan tradisi itu di masa mendatang,”ucap wakil kapten Xavi Hernandez,dikutip Sport. 

Fakta menunjukkan,Barcelona telah mengumpulkan 21 trofi Primera Liga. Mereka juga menguasai Copa del Rey sebanyak 25 kali.Setidaknya 10 Supercopa Espana dan dua turnamen yang sudah dihapus Copa de La Liga juga berhasil dipegang para punggawa Barcelona.Jumlah itu semakin lengkap dengan masing-masing empat trofi Liga Champions, Winners,dan Super Eropa. 

Tiga Piala Fairs,dua Piala Latin,dan satu Piala Dunia Antarklub FIFA menyempurnakan total 76 trofi tersebut. Sebaliknya,Los Blancos memang tercatat sebagai tim pengoleksi Primera Liga (31 gelar) dan Liga Champions terbanyak (9 trofi).Namun,di ajang lain, mereka kalah banyak dari Barcelona. 

Sebut saja Copa del Rey (18 kali), Supercopa Espana (8 kali),Piala UEFA atau Liga Europa (2 kali),Piala Latin (2 kali),Copa de la Liga (1 kali),dan Piala Super Eropa (1 kali).Bila Barcelona hanya sanggup meraih satu Piala Dunia Antarklub (Piala Interkontinental), Madrid sanggup tiga kali berjaya. 

Dengan kualitas para pemain yang terjaga,Barcelona berpeluang meraih trofi ke-77 pada akhir tahun ini,yaitu di Piala Dunia Antarklub.Bukan tidak mungkin Trofi Primera Liga 2011/2012 juga akan tetap berada di Camp Nou. Barcelona juga semakin layak berbangga hati karena memiliki rekor yang tidak pernah dihasilkan Madrid. 

Barcelona adalah satu-satunya tim Spanyol yang meraih treble winners. Mereka juga menjadi satu-satunya tim di bumi yang menyapu bersih enam trofi dalam satu tahun. Rekor ternyata tidak hanya berkisar di level klub.Sejumlah pemain Barcelona juga menghadirkan rekor membanggakan,salah satunya Xavi. 

Deputi Carles Puyol itu tercatat sebagai pemain Barcelona yang paling banyak mengumpulkan gelar.Sejak 1998, pemilik nomor punggung 6 itu berhasil menyumbangkan 17 trofi pada semua kompetisi resmi yang diikuti Barcelona. Karier Xavi semakin lengkap karena bersama La Furia Roja juga berjaya di Euro 2008 dan Piala Dunia 2010. 

”Saya sangat bangga menjadi pemain Barcelona yang meraih trofi terbanyak. Luar biasa.Ini menjadi impian setiap pesepak bola. Namun,semua ini tercipta berkat kerja keras tim. Sebab,saya tidak bisa melakukannya seorang diri,” pungkas Xavi."A.A.S"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar